RPPH Tema binatang Kupu-Kupu.  RPPH tema rekreasi ini disusun untuk kelas A, dengan rentang usia anak 4-5 tahun dan dilaksanakan pada semester genap. RPP ini memiliki judul kegiatan belajar: menjadi kupu kupu. RPP ini dibuat berdasarkan silabus yang kemudian dikembangkan, sesuai dengan kegiatan pembelajaran peserta didik usia dini. Sehingga diharapkan peserta didik bisa mencapai Kompetensi Dasar (KD) maupun kompetensi inti (KI). RPPH menjelaskan langkah pembelajaran secara terorganisir baik lewat metode ataupun lewat kegiatan pembelajaran. Dalam tulisan ini kami juga melampirkan file yang bisa Anda download dan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tujuan RPPH Tema Kupu Kupu

  1. Setelah peserta didik mengamati video dan berdiskusi dengan guru tentang kupu-kupu, peserta didik dapat mengetahui kupu-kupu adalah ciptaan Tuhan (TPACK, HOTS, Religius)
  2. Setelah melihat demonstrasi guru, peserta didik dapat melakukan gerakan kupu-kupu terbang dengan aktif dan lincah (PPK)
  3. Setelah melihat demonstrasi guru, peserta didik dapat menyusun huruf vokal pada kata kupu-kupu sebanyak 1 baris dengan benar (HOTS)
  4. Setelah mengamati gambar yang diberikan guru, peserta didik dapat mengurutkan dari ukuran yang terbesar sampai yang terkecil gambar kupu-kupu dengan benar (HOTS)
  5. Setelah mengamati gambar metamorfosis kupu-kupu, peserta didik dapat menceritakan metamorfosis kupu-kupu dengan percaya diri (HOTS , PPK)
  6. Setelah melihat demonstrasi guru, peserta didik dapat kreatif mewarnai gambar kupu-kupu dengan berbagai warna dan rapi (HOTS)

ilustrasi rpph tema kupu kupu

Kegiatan Pembelajaran Subtema Binatang:

Kegiatan Awal

Penerapan SOP

  1. Guru dan peserta didik saling memberi salam
  2. Guru dan peserta didik berdoa sebelum kegiatan dimulai (Religius)

Apersepsi

  1. Guru memperlihatkan video atau gambar binatang kupu-kupu (TPACK)
  2. Peserta didik memperhatikan dan mengamati gambar binatang yang diperlihatkan guru (HOTS)
  3. Peserta didik berdiskusi dengan guru tentang binatang kupu-kupu, dimana hidupnya, bagaimana metamorfosis kupu-kupu, apa manfaat dsb (Colaboration 4C)
  4. Peserta didik berdiskusi dengan guru tentang rpph tema binatang kupu-kupu ciptaan Tuhan (NAM 1.1) ( Colaboratioan 4C)
  5. Peserta didik aktif dan lincah mempraktekkan gerakan kupu-kupu terbang (FM 3.3-4.3) (PPK)
  6. Mengenal kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

Kegiatan Inti

  1. Peserta didik pantang menyerah menyusun huruf vokal pada kata kupu-kupu menggunakan jagung sebanyak 1 baris dengan benar lalu ditempel pada lembar kegiatan (BHS 3.12-4.12) (HOTS)
  2. Peserta didik pantang menyerah mengurutkan gambar kupu-kupu dari yang terbesar sampai terkecil dengan benar (KOG 3.6-4.6) (HOTS)
  3. Peserta didik percaya diri menceritakan metamorfosis kupu-kupu ( SE 2.5) (HOTS, PPK)
  4. Peserta didik kreatif menggunakan berbagai warna dan rapi dalam mewarnai gambari kupu-kupu (SN 3.15-4.15) (HOTS)

 

Kegiatan Akhir

  1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
  2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
  3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
  4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
  5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
  6. Menanyakan perasaannya selama hari ini
  7. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini (Colaboration 4C)
  8. Bercerita pendek yang berisi pesanpesan
  9. Menginformasikan kegiatan untuk besok
  10. Penerapan SOP pulang ( berdoa pulang, salam) (Religius)

Rencana Penilaian untuk Contoh RPPH Subtema Handphone

penilaian rpph kupu kupu

Kami menyarankan Anda menggunakan teknik pengambilan nilai dengan cara penyampaian Skala capian perkembangan (ceklis), Event Sampling, Catatan anekdot/kelas, Rubrik hasil karya dan metode observasi. Namun, Apabila kurang sesuai dengan kondisi kelas ditempat anda mengajar. Maka metode lain bisa Anda gunakan. Selain itu, kami juga menyediakan beberapa rpph lainnya.

Download Contoh RPPH Tema binatang Kupu-kupu

Leave a Reply