Contoh Rpph Paud Berbasis Saintifik. Berikut ini adalah tulisan tentang contoh rpph berbasis saintifik, yang mencakup berbagai area pembelajaran utama dalam kegiatan belajar. Yakni mencakup pembelajaran. Area matematik, area sains, dan area seni. RPPH model saintifik ini digunakan untuk kelas B, dengan pembahasan secara umum tentang hewan. Berikut adalah tulisan rpph pembelajaran tersebut.

TUJUAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK

  • Mengembangkan kemampuan bahasa melalui percakapan berdiskusi macam-macam binatang peliharaan anak mampu menyebutkan macam binatang peliharaan(C1).
  • Mengembangkan kemampuan sosial emosional melalui kegiatan berdiskusi tentang menyayangi binatang, anak mampu menerapkan sikap perilaku baik (C3) .
  • Mengembangkan kemampuan seni melalui kegiatan gerak lagu anak mampu menyajikan berbagai bentuk gerak tubuh dengan kreatif(P3).
  • Mengembangkan kemampuan Bahasa lewat video yang dikirim (menceritakan kembali apa yang telah dilihat)(C2).
  • Melalui kegiatan praktek memberi makan binatang,akan mengembangkan sikap sosial, peduli sesama makhluk ciptaan tuhan.
  • Mengembangkan kemampuan kognitif melalui kegiatan mengurutkan gambar seri dan melalui kegiatan pencampuran warna(C3).
  • Melakukan kegiatan meniru gerakan binatang mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar (C1).
  • Mengembangkan kemampuan bahasa melalui kegiatan menirukan suara suara binatang (C1).
  • Mengembangkan kreatifitas anak melalui kegiatan mencampur warna.
  • Mengembangkan kemampuan fisik motorik halus melalui kegiatan mewarna.

Materi pembelajaran dalam rpph berbasis saintifik ini, mencakup Binatang ciptaan Tuhan. Nama-nama binatang peliharaan, Perasaan senang sedih, Aku suka mendengar cerita, Lagu “ayam bebek”, Binatang perlu makan, Suara binatang, Gerakan binatang, Bermain warna

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Selain itu diselipkan juga pembelajaran untuk penguatan karakter. Religius, Bersyukur akan ciptaan Tuhan,anak terbiasa mengucapkan Alhamdulillah
Mandiri, Anak mampu menyelesaikan tugas sendiri tanpa bantuan orang tua
Kedisiplinan, Anak terbiasa menaati aturan yang telah ditentukan
Bertanggung jawab, Anak bertanggung jawab dengan binatang peliharaanya(memberi makan,merawat)
Kreatifitas, Anak mampu berkreasi dengan media yang disediakan
Toleransi, Anak terbiasa menyayangi binatang

G. MODEL, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN:
Model : Pembelajaran STEAM
Pendekatan : Saintifik- TPACK
Metode : Diskusi, penugasan, hasil karya,,demonstrasi

H. MEDIA DAN BAHAN DAN SUMBER: Laptop, Video dari youtube, Kertas, Pasta warna, Pola gambar, Kartu huruf, Alat tulis, Crayon , Gunting dan lem.
Sumber Belajar: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah, Gambar macam-macam binatang dari Google, Video dari youtube, Buku panduan PAUD

AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK

1.PEMBUKAAN
Penerapan SOP pembukaan (berbaris,berdoa,salam, bernyanyi)
Guru menampilkan video dari youtube dan gambar binatang.
Anak menyaksikan gambar dan video binatang yang putarkan
Berdiskusi tentang binatang yang peliharaan dan menyayangi binatang
Gerak lagu “ayam bebek”
Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan Bermain
2. INTI
Area Matematik
Mengelompokan binatang peliharaan dan binatang yang tidak boleh dipelihara
Guru memberikan stimulus tentang binatang
Siapa yang punya binatang peliharaan dirumah?
Binatang apa yang dipelihara dirumah?
Binatang apa yang berbahaya? Area Bahasa
Menyusun kartu huruf menjadi kata
Guru memberikan stimulus dalam menyusun huruf menjadi kata (macam2 binatang peliharaan). Misalkan Ayam, Enthok , Kucing.
Area SAINS
Melakukan kegiatan memberi makan binatang, menirukan gerakan binatang dan menirukan suara binatang
Guru memberikan stimulus
Apa makanan binatang?(kucing,ayam,burung)
Bagaimana suara binatang?(ayam,kucing,burung)
Bagaimana gerakan binatang?
Area seni
Mewarnai gambar dan mengkombinasikan warna menggunakan crayon/pensil warna dengan berbagai teknik (usap abur ke dalam dan usap abur keluar)
Guru memberikan stimulus kepada anak – Bentuk binatang apa yang telah di buat?
Guru memberikan arahan mengenai teknik usap abur

3.ISTIRAHAT
1. Cuci tangan
2. Berdoa sebelum makan
3. Makan bersama
4. Bermain bebas
3. RECALLING
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Tanya jawab tentang apa yang sudah dilakukan
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
4. PENUTUP
Menanyakan perasaannya selama hari ini
Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
Penerapan SOP penutupan (berdoa,salam)
RENCANA PENILAIAN
Sikap
Dapat menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
Pengetahuan dan ketrampilan
Dapat menyebutkan macam-macam binatang peliharaan
Dapat menirukan gerak lagu menthok menthok
Dapat menceritakan tentang binatang peliharaan
Dapat menyusun huruf menjadi kata
Dapat mengetahui konsep pencampuran warna
Dapat membuat hasil karya (mewarnai gambar binatang)

Jika Anda kesulitan untuk menyimpan tulisan ini, kami menyediakan pula bentuk Contoh Rpph Paud Berbasis Saintifik yang bisa diedit lewat word. Anda bisa mengunduhnya pada link di bawah.

Download rpph paud pendekatan saintifik

Leave a Reply