Catatan Anekdot Paud digunakan untuk mencatat seluruh fakta, menceritakan situasi yang terjadi, apa yang dilakukan dan dikatakan anak. Catatan anekdot sebagai jurnal kegiatan harian mencatat kegiatan anak selama melakukan kegiatan setiap harinya. Catatan anekdot memungkinkan untuk mengetahui perkembangan anak yang indikatornya baik tercantum maupun tidak tercantum pada RPPH.

Hal-hal pokok yang dicatat dalam catatan anekdot meliputi nama anak yang dicatat perkembangannya, kegiatan main atau pengalaman belajar yang diikuti anak dan perilaku, termasuk ucapan yang disampaikan anak selama berkegiatan.Catatan Anekdot Paud dibuat dengan menuliskan apa yang dilakukan atau dibicarakan anak secara objektif, akurat, lengkap dan bermakna tanpa penafsiran subjektif dari guru. Akurat (tepat). objektif (apa adanya, tanpa memberi label misalnya: cengeng, malas, nakal), spesifik (khusus/ tertentu), sederhana (tidak bertele-tele), dan catatan guru terkait dengan indikator yang muncul dari perilaku anak. Catatan berupa jurnal kegiatan akan lebih baik bila disertai foto kegiatan anak.

Jika guru sedang sibuk memfasilitasi anak, dan pada saat yang bersamaan guru sempat menangkap suatu aktivitas bermakna yang dilakukan anak, guru dapat mencoret-coret dengan kode atau kata-kata singkatan sebagai pengingat. Jika memiliki kamera akan lebih mudah untuk merekam berupa foto atau video. Setelah anak pulang, barulah peristiwa tersebut ditulis lebih lengkap.

Tips sederhana menulis catatan anekdot:
– Bawa kertas kecil dan alat tulis dalam saku.
– Sewaktu-waktu diperlukan, keluarkanlah dari saku!
– Tulis kata singkat atau gambar yang mencerminkan perilaku bermakna yang sedang terjadi. Setelah anak-anak pulang, salinlah dalam buku/catatan khusus anekdot. Cukup beberapa kalimat saja.

Semua data/informasi tentang anak yang telah terkumpul di dalam portofolio perlu diolah untuk dianalisis. Lakukan pengolahan secara berkala.Pengolahan bulanan perlu dilakukan agar guru dapat melakukan penilaian bulanan. Hasil pengolahan bulanan dijadikan acuan untuk melakukan penilaian semester.

Langkah-langkah dalam mengolah data catatan anekdot.
1. Seluruh catatan skala capaian perkembangan harian disatukan berdasarkan indikator dari KD yang sama. Walaupun dalam format ceklis (V) harian indikatornya memuat tema dan materi, untuk dimasukkan ke dalam penilaian bulanan cukup melihat indikator dari KD yang tercantum dalam format penilaian perkembangan umum. Apabila dalam indikator yang sama dalam satu KD terdapat perbedaan capaian, capaian perkembangan yang tertinggi dijadikan capaian akhir.
2. Semua kemampuan anak dianalisis untuk mengetahui capaian kemampuan anak, apakah anak tersebut berada pada kemampuan BB, MB, BSH, atau BSB.
3. Untuk memudahkan menentukan kemampuan anak sebaiknya guru merujuk pada rubrik penilaian.
4. Kumpulkan semua data anak yang diperoleh dari ceklist, catatan anekdot, dan hasil karya untuk diolah

kelebihan dan kekurangan catatan anekdot

Kelebihan:

  • Dapat mencatat peristiwa yang berguna bagi perkembangan subjek penelitian.
  • Hasil pengamatan bersifat objektif dan asli.
  • Bisa digunakan untuk memahami subjek penelitian secara lebih tepat.

Kekurangan:

  • Taraf reliabilitasnya lebih rendah, karena dipengaruhi oleh penilai.
  • Mengharuskan untuk meningkatkan kesabaran karena dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengamati suatu peristiwa.
  • Objektivitas catatan dapat berkurang jika pencatatan tidak dilakukan segera.

download catatan anekdot paud

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: